Prospek Bisnis Security System Kedepan

Security System atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sistem alat keamanan pada suatu benda yang berbasis teknologi tinggi. Security system memiliki banyak macam, fungsi serta memiliki Prospek Bisnis Di Bidang Security System ini cukup menjajnikan khususnya di Tahun 2021 ini. Contoh alat Security System yang sudah ramai digunakan oleh banyak kalangan pebisnis diantaranya Scanning Barcode, CCTV atau kamera pengintai dan Magnetic Card Scanning atau kartu tanda masuk dan banyak lagi security system dari jenis lainnya.

Macam dan Fungsi Alat Keamanan (Security System) :

  • Barcode adalah alat pemindai untuk mengidentifikasikan suatu benda. Selain mengidentifikasi harga pada suatu swalayan atau perusahaan, barcode juga dapat mengetahui apa saja komposisi atau bahan baku didalamnya, tanggal produksi/penerbitan, Perusahaan yang memproduksi, alamat usaha dan lain lain.
  • CCTV (Closed Circuit Television) adalah system keamanan yang terhubung dengan kamera yang fungsinya untuk mengawasi area, terhubung mengunakan signal televisi yang sifatnya tertutup. Seringkali di gunakan tempat strategis milik swasta ataupun Negara, selain untuk pengawasan keamanan juga sebagai media untuk mengawasi keadaan di lapangan untuk memaksimalkan pelayanan.
  • Magnetic Strip Card atau kartu identifikasi berbasis magnet didalamnya yang sudah di program, artinya hanya seseorang yang memiliki kartu tersebut yang bisa masuk atau yang berhak mendapat akses kedalam gedung, bunker atau ruang lainnya. teknologi ini telah banyak digunakan pada gedung perkantoran, apartemen dan hotel mewah atau bahkan ruang penelitian yang bersifat tertutup.
  • GPS Tracker (Global Positioning System) merupakan alat yang umumnya dipasang pada sebuah dashboard mobil atau hidden place (tempat tersembunyi) lain didalam mobil. Fungsinya adalah untuk melacak keberadaan mobil kita secara real time (terkini). Alat GPS biasanya digunakan oleh pebisnis rental mobil, pemilik bus, operator taksi maupun perusahaan cargo. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan memantau langsung melalui akses online atau melalui aplikasi yang tersedia di Mobile Apps.
  • RFID (Radio Frequency Identification Device) merupakan alat sistem keamanan yang paling populer, paling canggih dan hampir banyak digunakan pada media elektronik seperti TV, Radio, Sim Card Hp, Kartu Kredit, E-KTP dan yang terakhir (saat ini) digunakan sebagai alau pengukur penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak), alat RFID sesungguhnya berbentuk sangat kecil, tipis dan halus. lebih kecil dari butiran beras. Namun fungsinya sangat banyak dan beragam pada semua aspek kehidupan saat ini.

Fungsi alat RFID sama halnya dengan fungsi pada barcode tapi lebih rinci dan lebih canggih lagi, karena ini memiliki kelebihan lain artinya memadukan fungsi barcode, cctv, magnetic dan GPS dalam satu alat. seperti misalnya untuk mengidentifikasi DNA pada manusia,  Golongan darah, Data diri, Karakter, Riwayat Hidup dan sebagainya. ini akan terdeteksi semuanya jika RFID dipasang (ditanam) kedalam tubuh manusia.  Namun jika hanya dipasang pada kendaraan, maka bukan hanya terdeteksi penggunaan bahan bakar saja, akan tetapi kemanapun kendaraan itu pergi akan terlacak oleh RFID, lebih dari itu sang pemilik kendaraan pun dapat diketahui dengan alat ini.

Prospek Bisnis di bidang ini sangat terbuka lebar seiring dengan pembangunan gedung bertingkat dan mobilitas penduduk yang padat, terutama di pusat kota. operator yang bergerak di bidang ini masih terbilang sedikit dan jarang. Jika anda berencana membuka usaha di bidang ini merupakan pilihan yang tepat bisnis anda.

Perlu di ingat pula bahwasanya Teknologi bisa mendatangkan kebaikan dan keuntungan bagi penggunanya, tapi juga bisa mendatangkan bahaya tanpa disadari sebelumnya, tetap waspada dan hati-hati jangan terpengaruh oleh isu media yang memutarbalikan fakta atau tujuan sebenarnya. Semoga ulasan kita tentang Prospek Bisnis Di Bidang Security System ini bisa mencerahkan untuk semua, Terima Kasih

Leave a Comment